Sugali Masa Kini…

bambam

Inget lagunya Oom Iwan Fals yang judulnya Sugali??  Di lagu itu diceritakan seorang lelaki yang sering keluar masuk bui, jadi buronan polisi.. suara senapan dia anggap petasan, nggak ada takutnya, dan makin lupa daratan karena merasa punya ilmu kebal tahan tembakan…

Kemaren siang, di Jakarta, di depan Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, terjadi bentrokan antar-kelompok yang katanya mengikuti sidang kasus Blowfish.. menurut berita, kejadian itu menyebabkan 3 orang tewas, 9 orang luka, plus 3 anggota Kepolisian terluka, termasuk Kepala Polres Jakarta Selatan… Waktu nonton kejadian ini lewat siaran TV nasional, ada rasa prihatin dan ngeri.. gimana ceritanya, kelompok massa dengan senjata tajam terhunus siap untuk diayunkan dan senjata api tersembunyi yang siap diletuskan, kok ya bisa melakukan show off force di hadapan puluhan anggota polisi yang kesannya santai2 aja, seperti enggan mengambil tindakan tegas.. padahal kejadian ini terjadi di ibukota…  Buat apa ngejar2 kelompok orang yang katanya teroris dan katanya punya kemampuan dan bahan untuk merakit bom sampai ke tengah hutan, kalo kejadian teror mencekam di ibukota negara, yang bahkan jaraknya hanya beberapa kilometer dari Kompleks Marinir Cilandak, malah didiamkan aja??  Apa mau nungguin kantor polisi diserang lagi, seperti yang terjadi di Sumatera Utara, baru tindakan tegas akan diambil??

Kalo kata Oom Iwan di lagunya, bahwa akhirnya Subali tak tenang lagi dan lari sembunyi, boleh lah kita juga berharap dalam waktu dekat ini, Subali2 yang kemaren tawuran dengan senjata tajam dan senjata api itu juga akan merasakan hal yang sama, dan Kepolisian kita yang terhormat bisa mengatasi dan mencegah teror dari kelompok2 Sugali lainnya.. atau jangan2 malah mungkin kita akan mendengar curhat baru lagi??

Yah, mari kita sama2 menunggu dan mendukung Kepolisian RI, sambil bersenandung..

Oh bisik jangkrik ditengah malam
Tenggelam dalam suara letusan
Kata berita di mana mana
Tentang Sugali tak tenang lagi dan lari sembunyi..

NB, maaf kepada Oom Iwan Fals kalo saya belum minta ijin sebelumnya untuk mengutip lirik lagunya yang berjudul Sugali pada tulisan ini… maaf ya Oom.. ijin ya Oom..


Leave a Reply