Lebaran..?? Idul Fitri..?? Silaturrahim..??

bambam

Barusan aja beberapa TV nasional menyiarkan secara langsung keputusan Sidang Itsbat penentuan 1 Syawal 1432 H yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama, Bapak Suryadharma Ali..

Setelah sebelumnya saudara2 kita dari Muhammadiyah mengumumkan bahwa 1 Syawal 1432 H jatuh pada hari Selasa, 30 Agustus 2011, maka hasil sidang itsbat yang dibacakan oleh Pak Menteri mengumumkan bahwa 1 Syawal 1432 H jatuh pada hari Rabu, 31 Agustus 2011, dan berlaku secara nasional.

Sesaat setelah pengumuman tersebut, panggung2 social media langsung rame.. komentarnya pun lucu2.. ada yang mengeluh karena ketupat dan opor udah siap terhidang sehingga tetap memutuskan untuk berlebaran besok, ada yang menerima dengan ikhlas untuk sahur dan berbuka dengan hidangan tradisi lebaran sambil harap2 cemas masih ada yang tersisa untuk lebaran yang “sebenernya” di hari Rabu, ada yang sedikit bersyukur karena sampe malam ini pun masih nggak jelas kapan akan sampai di kampung halaman karena terhadang kemacetan lalu lintas, ada juga yang memutuskan tetap, berlebaran besok…

Bukan bermaksud menggurui.. buat mereka yang menggerutu karena besok nggak jadi berlebaran, coba diinget lagi saat2 sebelum memasuki Bulan Suci.. begitu kita mendambakan untuk bertemu lagi dengan bulan mulia yang penuh dengan kemuliaan ini.. begitu kita bersedih ketika bulan ini hampir usai dan doa kita panjatkan supaya masih bisa bertemu dengan Ramadhan tahun depan.. nah, ini nggak usah nunggu tahun depan.. cuma nunggu besok pagi aja, dan kita berkesempatan menggenapi ibadah Ramadhan kita tahun ini menjadi 30 hari.. masih ada kesempatan mengejar kekurangan2 yang khilaf terlewat selama 29 hari kemaren..

Seberapa pun besarnya perbedaan kapan jatuhnya 1 Syawal 1432 H itu, mau Selasa atau Rabu, yang jelas lebaran tetap hari suka cita bersama keluarga dan kerabat, dan Idul Fitri tetap hari kemenangan yang ditandai dengan Shalat Id.. dan untuk silaturrahim.. rasanya silaturrahim tetap perlu dijaga setiap saat, nggak perlu nunggu lebaran atau idul fitri, nggak perlu nunggu Selasa atau Rabu.. setiap kesempatan yang ada mari kita gunakan untuk menjalin, menjaga, dan mempererat silaturrahim…

Jadi, tanpa perlu menunggu lebih lama lagi.. taskecil dan keluarga mengucapkan, “Selamat berlebaran, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432H.. Taqabbal Allahu minaa wa minkum, semoga Allah mengabulkan dari kami dan dari anda.. shiyamana wa shiyamakum, puasa kami dan puasa anda.. ja’alanallahu minal a’idin wal faidzin, semoga Allah menjadikan kita orang yang kembali dan orang yang menang.. maaf lahir dan batin dari segala salah dan khilaf lisan maupun perbuatan..”

Semoga berkah, semoga berkenan…

Jadi, kapan lebaran Anda??


3 Responses to “Lebaran..?? Idul Fitri..?? Silaturrahim..??”

  • bayu Says:

    Selamat idul fitri taskecil…
    Semoga kita skeluarga senantiasa sehat lahir dan batiniah, serta memiliki hati yang selamat. Bagi yang sakit, semoga segera membaik dan pulih. Amiiin..

  • Kania Says:

    waktu itu aku lagi di Bangil ya?
    kita bbm-an atau sms-an ya waktu itu?
    seru aja walau jauh serasa tetap dekat.
    waktu itu aku ikut yang hari pertama bersama kakek, om, mama, suami, dan anak-anak. Sedangkan tanteku sekeluarga yang tinggal di Bangil juga merayakan di hari berikutnya.
    seru … tetap saling menghormati

Leave a Reply